Antonim Kata Senja: Terang

Pasti kamu sudah pernah mendengar tentang kata ‘senja’, bukan? Itu loh, saat matahari mulai tenggelam dan langit menjadi kemerahan. Tapi, pernahkah kamu dengar tentang antonim dari ‘senja’? Antonim sendiri merupakan lawan kata dari suatu kata. Nah, kali ini kita akan membahas antonim dari kata ‘senja’. Bukan hanya menambah kosakata, melainkan juga menambah pengetahuan mengenai bahasa Indonesia. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya!

Berikut ini adalah 10 Antonim dari Kata Senja Adalah

1. Pagi

Sesuai dengan artinya yang bertolak belakang dengan senja, pagi menjadi antonim dari kata senja. Pagi adalah waktu awal hari ketika matahari baru terbit dan cahaya mulai menyinari dunia. Kehadirannya yang segar dan penuh semangat menjadi kontras dengan senja yang cenderung melankolis.

2. Siang

Selain pagi, siang juga menjadi Antonim dari kata senja. Siang adalah waktu tengah hari ketika matahari berada di puncaknya. Suhu yang panas dan cahaya yang terang menjadi ciri khasnya. Berbeda dengan senja yang lebih dingin dan redup.

3. Pagi-Pagi

Pagi-pagi juga merupakan sebuah Antonim dari kata senja. Pagi-pagi adalah waktu yang sangat dini, bahkan ketika matahari belum terbit. Kebanyakan orang masih tertidur pada saat ini. Keheningan dan ketenangan pagi-pagi menjadi lawan dari senja yang penuh dengan perasaan nostalgik.

4. Awal

Awal juga merupakan Antonim dari kata senja. Awal menggambarkan permulaan suatu hal. Berbeda dengan senja yang menggambarkan akhir. Awal seringkali dihubungkan dengan semangat dan keberanian untuk memulai sesuatu.

5. Baru

Baru menjadi Antonim dari kata senja karena memiliki makna yang sebaliknya. Baru mengacu pada sesuatu yang baru saja terjadi atau dimulai, sedangkan senja mengacu pada akhir. Baru seringkali memberikan perasaan segar dan optimisme, sedangkan senja memberikan perasaan melankolis.

6. Siang Hari

Selain siang, siang hari juga menjadi Antonim dari kata senja. Siang hari merupakan masa kemuncak dari siang ketika sedang berlangsung aktivitas manusia. Sementara itu, senja menggambarkan akhir dari aktivitas dan mulainya waktu yang tenang.

7. Penuh

Penuh juga menjadi Antonim dari kata senja, karena memiliki makna yang bertolak belakang. Penuh mengacu pada keadaan yang padat dan terisi, sedangkan senja mengacu pada keadaan yang sepi dan kosong.

8. Gelap

Antonim dari senja juga bisa berupa gelap. Gelap mengacu pada keadaan yang tidak ada cahaya sama sekali, sedangkan senja merupakan keadaan ketika cahaya mulai redup. Orang sering menghubungkan gelap dengan perasaan takut dan kesepian, sedangkan senja sering dihubungkan dengan perasaan nostalgia dan kehangatan.

9. Menggembirakan

Menggembirakan juga menjadi Antonim dari kata senja. Menggembirakan mengacu pada keadaan yang penuh kegembiraan dan kebahagiaan, sementara senja sering dihubungkan dengan perasaan melankolis. Meskipun berbeda makna, keduanya memiliki warna yang indah.

10. Terang

Terang juga sesuai dengan artinya yang bertolak belakang dengan senja, sehingga bisa dijadikan Antonim dari kata senja. Terang mengacu pada keadaan yang bersinar terang dan cerah, sedangkan senja memiliki cahaya yang lebih redup. Terang menimbulkan perasaan optimis dan berseri-seri, sedangkan selamat datang ketenangan di senja.

10 Antonim dari Kata Senja yang Wajib Kamu Tahu

Senja, saat matahari tenggelam dan menyisakan warna-warna keemasan di langit, menjadi momen yang seringkali dianggap romantis dan indah oleh banyak orang. Tapi tahukah kamu bahwa selain cantik, senja juga memiliki lawan kata atau antonim yang berarti kebalikan dari makna tersebut?

Berikut ini adalah 10 antonim dari kata “senja” yang perlu kamu ketahui:

1. Pagi

Senja dan pagi saling berlawanan dalam arti waktu. Di mana senja terjadi ketika matahari tenggelam, pagi terjadi saat matahari terbit. Pagi memberikan rentetan kekuatan dan semangat baru pada segala sesuatu, sangat kontras bila dibandingkan dengan senja yang cenderung menenangkan.

2. Siang

Berbeda dengan senja yang ditandai dengan warna-warna yang sedikit gelap, siang memiliki ciri khas yang terang dan cerah. Siang juga memiliki arti kehidupan dan bersemangat, sangat berbeda dengan senja yang lebih menenangkan.

3. Terang

Senja seringkali dikaitkan dengan warna yang redup atau temaram. Sedangkan kebalikannya adalah terang, yang memiliki arti cerah, terang benderang, dan bersinar. Terang juga menjadi salah satu antonim dari senja yang paling kontras.

4. Hidup

Senja menandakan hampir berakhirnya sebuah hari, sedangkan hidup merupakan simbol awal yang penuh energi. Hidup memberikan makna semangat, tumbuh, dan berkembang, sangat berbeda dengan senja yang lebih mengarah pada suasana tenang dan merenung.

5. Siangdilewati

Jika siang menjadi antonim senja, siangdilewati memiliki arti yang sangat berbeda dengan senja. Siangdilewati bisa diartikan sebagai kegiatan yang tidak terencana. Sedangkan senja memberikan kesempatan untuk kita memberikan ruang bagi rasa tenang dan romantis.

6. Semangat

Senja sering dikaitkan dengan suasana hati yang tenang dan merenung. Sebaliknya, semangat memiliki makna yang penuh dengan keceriaan, antusiasme, dan bergairah.

7. Awan terang

Walaupun awan terkadang menjadi bagian dari latar belakang senja yang cantik, awan terang bisa diartikan sebagai antonim dari senja. Awan terang memiliki arti yang cerah dan terang, sedangkan senja memiliki arti yang redup atau temaram.

8. Sangat cerah

Senja yang indah tidak hanya ditandai dengan warna kemerahan, namun juga beberapa warna yang lebih redup. Sangat cerah menjadi antonim dari senja, lebih menekankan pada kesan kecerahan dan kegembiraan.

9. Malam

Senja terjadi sebelum malam tiba, sehingga malam menjadi antonim dari senja secara paling jelas. Sedangkan malam memiliki arti tenang, tidak terlalu cerah, dan lebih menitikberatkan pada kebersihan pikiran serta ketenangan hati.

10. Sunyi

Berkontrast dengan atmosfer senja yang penuh kedamaian, sunyi bisa diartikan sebagai antonim dari senja. Sunyi memiliki arti yang hening, tenang, serta minim aktivitas dan kebisingan.

Itulah 10 antonim dari kata “senja” yang perlu kamu ketahui. Dengan mengetahui arti dari kata antonim ini, kita bisa lebih memahami maknanya secara holistik dan terintegrasi.

Antonim Kata Senja dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia

Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sumber rujukan bahasa Indonesia yang terpercaya dan menyediakan informasi yang terbaik mengenai kata-kata yang ada dalam bahasa Indonesia termasuk Antonim dari Kata Senja. Di dalam kamus besar bahasa Indonesia, Antonim didefinisikan sebagai kata yang berlawanan arti dengan kata yang lainnya.

Berikut adalah beberapa Antonim dari Kata Senja yang ada di Kamus Besar Bahasa Indonesia:

Antonim Kata Senja Arti
Pagi Waktu di pagi hari sebelum matahari terbit
Siang Waktu antara awal siang sampai menjelang sore hari
Sore Waktu menjelang malam sebelum senja
Malam Waktu di malam hari setelah senja
Pagi Waktu di pagi hari sebelum matahari terbit

Antonim dari Kata Senja seperti Pagi, Siang, Sore, Malam memiliki arti yang berlawanan dengan kata Senja. Antonim ini dapat digunakan sebagai pilihan kata yang tepat untuk mengekspresikan suatu situasi atau kejadian yang berada di luar waktu Senja.

Namun di samping itu, Antonim dari Kata Senja dapat pula digunakan secara metaforis untuk menyampaikan makna tertentu, contohnya dalam sebuah karya sastra atau puisi. Sebagai contoh, kata “Terbit” dapat digunakan sebagai Antonim untuk Kata Senja dalam makna metaforis ketika digunakan dalam puisi, sehingga dapat menciptakan gambaran atau makna tersendiri bagi pembaca puisi tersebut.

Di Indonesia, senja adalah waktu yang sering diasosiasikan dengan romantisme dan perspektif kultural tertentu. Oleh karena itu, Antonim dari Kata Senja dapat memberikan variasi dalam penggunaan kata-kata untuk menggambarkan suasana dan mengekspresikan makna yang berbeda.

Dalam banyak bahasa di dunia, ada banyak kata yang bisa digunakan sebagai Antonim dari Kata Senja, namun dalam bahasa Indonesia hanya ada beberapa pilihan Antonim yang dapat digunakan. Oleh karena itu, perlu untuk terus mengembangkan kosakata dalam bahasa Indonesia agar dapat menyediakan pilihan kata yang lebih variatif dan memberikan ekspresi yang lebih tepat dan sesuai dengan situasi dan konteks yang dihadapi.

Maaf, tidak ada list URL yang disediakan di atas sehingga saya tidak dapat memberikan tautan yang relevan. Silakan berikan list URL untuk mendapatkan tautan yang diminta. Terima kasih.

Terima Kasih Telah Membaca

Sekian informasi mengenai antonim dari kata senja. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua untuk lebih memahami bahasa Indonesia. Jangan lupa kunjungi lagi untuk membaca artikel menarik lainnya di website kami. Salam hangat dan sampai jumpa!

Leave a Comment