Kata-kata Terjangkau dan Contoh Penggunaannya

Kamu lagi cari-cari kata yang affordable tapi belum nemu-nemu? Jangan khawatir, karena di sini saya punya beberapa contoh kata affordable yang bisa kamu gunakan dalam percakapan sehari-hari. Istilah affordable yang sering dipakai di Indonesia sendiri adalah terjangkau. Uwulah, langsung aja yuk kita cek contoh kalimatnya!

Tentang Arti Kata Affordable

Ada banyak sekali kata yang sering kita dengar dalam keseharian kita. Namun, terkadang kita belum mengerti benar arti dari kata tersebut. Salah satu kata yang sering digunakan sehari-hari adalah affordable. Kata ini berasal dari bahasa Inggris yang artinya terjangkau atau dapat dimiliki. Namun, dalam penggunaannya, kata affordable memiliki banyak makna tergantung situasi dan konteksnya.

Penggunaan Affordable dalam Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris, affordable biasanya digunakan untuk menyebutkan harga suatu produk atau jasa yang terjangkau atau sesuai dengan anggaran kita. Contohnya adalah, “The hotel room is affordable for budget travelers.” Dalam kalimat ini, affordable berarti bahwa kamar hotel tersebut sesuai dengan anggaran yang dimiliki oleh pelancong

Contoh Penggunaan Affordable dalam Kalimat

Berikut adalah beberapa contoh penggunaan kata affordable dalam kalimat:

1. They offer affordable healthcare services for the low-income community.

Dalam kalimat ini, affordable berarti sesuai dengan anggaran atau kemampuan finansial seseorang. Jadi, jasa kesehatan yang diberikan tersebut cocok untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

2. The price of the car is not affordable for most people.

Di sini, affordable berarti sesuatu yang terlalu mahal atau tidak sesuai untuk anggaran seseorang.

3. The government aims to provide affordable housing for the homeless.

Pada kalimat ini, affordable berarti sesuai dengan kondisi sosial dan ekonomi seseorang. Jadi, rumah yang disediakan tersebut pantas bagi orang yang tidak memiliki tempat tinggal.

Implikasi Penggunaan Affordable

Penggunaan affordable juga diartikan sebagai kebutuhan yang menjadi sesuatu hal yang terjangkau oleh pelanggan atau konsumen. Bahkan, tanpa merusak kualitas produk ataupun jasa yang diberikan. Imbangan yang baik antara harga dan kualitas memberikan dampak positif. Karena dapat meningkatkan kepercayaan konsumen untuk kembali membeli produk atau jasa tersebut.

Kesimpulan

Dalam penggunaannya, affordable sangat bergantung dengan situasi dan konteksnya. Lebih dari hanya kata yang berarti “terjangkau”, affordable memiliki banyak implikasi yang sangat penting. Perlu dipahami benar makna dari kata affordable untuk dapat menggunakannya secara tepat dan sesuai dengan konteks.

Pengertian Affordable

Affordable adalah sebuah kata dalam bahasa Inggris yang berarti terjangkau atau ekonomis. Kata ini sering digunakan untuk merujuk pada harga atau biaya yang tidak terlalu mahal dan masih dapat dijangkau oleh orang dengan berbagai latar belakang ekonomi. Sebuah produk atau layanan dikatakan affordable jika harganya sesuai dengan kualitas yang ditawarkan.

Beberapa contoh produk yang dapat dianggap affordable adalah produk-produk yang biasa dijumpai di supermarket seperti sabun mandi, sampo, atau makanan kaleng yang dapat dibeli dengan harga yang terjangkau. Di sisi lain, ada juga produk-produk dengan harga yang mahal seperti mobil atau perhiasan yang tidak dapat dianggap affordable oleh semua kalangan.

Kriteria Affordable

Ada beberapa kriteria yang dapat digunakan untuk menentukan apakah suatu produk atau layanan dapat dikategorikan sebagai affordable. Pertama-tama, harga yang ditawarkan harus mempertimbangkan pengeluaran rata-rata konsumen. Artinya, harga tersebut harus sesuai dengan daya beli masyarakat.

Kedua, harga yang ditawarkan harus sebanding dengan kualitas produk atau layanan tersebut. Produk yang mahal namun kualitasnya tidak sebanding tentu tidak akan dianggap sebagai produk yang affordable.

Terakhir, harga yang ditawarkan harus bersaing dengan produk serupa yang ditawarkan oleh pesaing. Hal ini berlaku terutama dalam industri yang sangat kompetitif seperti bidang teknologi. Jika produk tersebut lebih mahal dibanding pesaingnya, maka produk tersebut tidak dapat dianggap affordable.

Contoh Kalimat Affordable

Berikut adalah beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata affordable:

1. “Saya cukup senang dengan kosmetik merek ini karena harganya affordable dan kualitasnya cukup bagus.”
2. “Apartemen ini memiliki fasilitas yang lengkap dan lokasi strategis dengan harga yang tetap affordable.”
3. “Saya selalu memilih restoran ini karena menu dan harga yang ditawarkan sangat affordable dibanding dengan restoran lain di sekitar kota.”
4. “Meskipun brand tas yang saya beli cukup terkenal, harganya masih affordable dan sesuai dengan kualitasnya.”
5. “Makanan di food court ini sangat affordable dan cocok untuk pelajar yang memiliki budget terbatas.”

Makna Affordable bagi Masyarakat

Penting bagi masyarakat untuk memiliki akses terhadap produk atau layanan yang affordable. Harga yang mahal dapat menjadi penghalang bagi mereka yang berusaha untuk meningkatkan kualitas hidup, misalnya dengan memulai bisnis kecil-kecilan atau membeli produk kesehatan yang lebih baik.

Dalam hal ini, affordable juga dapat berarti memberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam perekonomian global dan meningkatkan kesejahteraan bersama. Produk atau layanan yang affordable dapat membuka peluang bagi orang untuk mengembangkan diri atau mengembangkan bisnis kecil-kecilan.

Affordable di Era Digital

Era digital telah membuka jalan bagi banyak produk atau layanan untuk menjadi affordable. Melalui internet, banyak produk atau layanan dapat dijual dengan harga yang lebih murah karena biaya operasional dan distribusi menjadi lebih murah.

Selain itu, adanya platform market place seperti Shopee, Bukalapak, dan Tokopedia juga memudahkan para penjual kecil-kecilan untuk menjual produk-produk mereka dengan harga yang lebih terjangkau.

Namun, di sisi lain, era digital juga membawa tantangan bagi bisnis kecil-kecilan untuk bersaing dengan bisnis besar atau perusahaan-perusahaan besar yang lebih kuat dalam industri tertentu. Hal ini menunjukkan bahwa affordable tidak hanya berhubungan dengan harga yang murah, tetapi juga dengan persaingan yang sehat dan adil.

Pentingnya Memberikan Kualitas pada Affordable

Produk atau layanan yang affordable tidak selalu memiliki kualitas yang bagus. Oleh karena itu, penting bagi produsen atau penyedia layanan untuk tetap memberikan kualitas yang baik pada produk atau layanannya.

Dalam hal ini, produsen atau penyedia layanan dapat mengadopsi prinsip EOQ (Ekonomi Order Quantity) dalam mengatur harga dan kualitas produk atau layanannya. Prinsip ini memungkinkan produsen untuk menjual produk atau layanannya dengan harga yang affordable, sambil tetap memberikan kualitas yang baik.

Dalam praktiknya, EOQ dapat membantu usaha kecil untuk mendapatkan keuntungan yang lebih baik dan tetap bersaing di pasar yang kompetitif.

Aksi nyata untuk Affordable

Terdapat beberapa cara untuk membantu meningkatkan akses masyarakat terhadap produk atau layanan yang affordable. Beberapa di antaranya adalah:

1. Menyediakan subsidi atau diskon untuk produk atau layanan tertentu bagi masyarakat dengan penghasilan rendah atau pelajar.
2. Meningkatkan kualitas pendidikan dan pelatihan entrepreneur di masyarakat agar lebih banyak masyarakat yang dapat memproduksi produk atau layanan yang affordable.
3. Memperkenalkan produk atau layanan baru yang lebih affordable dan berfokus pada pengurangan biaya produksi dan distribusi.
4. Mendukung produk atau layanan yang diproduksi oleh usaha kecil-kecilan melalui pengembangan online shop atau platform marketplace.
5. Menciptakan lingkungan bisnis yang sehat dan fair untuk mendorong persaingan yang terbuka bagi semua pelaku bisnis.

Kesimpulan

Affordable adalah kata dalam bahasa Inggris yang berarti terjangkau atau ekonomis untuk digunakan sebagai istilah produk yang dijual pada harga yang sesuai dengan penghasilan rata-rata konsumen. Meskipun affordable penting bagi masyarakat, produsen atau penyedia jasa harus tetap membawa kualitas yang baik. Dalam era digital, affordable dapat diwujudkan dengan memanfaatkan platform online tetapi tetap perlu bersaing dengan persaingan yang sehat dan fair. Selain itu, terdapat beberapa cara untuk membantu memperbesar akses masyarakat terhadap produk atau layanan yang affordable termasuk mendukung usaha kecil dan mendukung lingkungan bisnis yang sehat dan fair.

Jenis-jenis Kata Affordable beserta Contohnya

Di dalam bahasa Inggris, kata affordable dapat digunakan dengan berbagai bentuk, tergantung dari situasi dan kondisi yang sedang dibicarakan. Berikut ini beberapa jenis kata affordable beserta contohnya:

Jenis Kata Contoh
Kata Benda (Noun) The apartment is affordable for college students.
Kata Kerja (Verb) The company is committed to making their products more affordable.
Kata Sifat (Adjective) This dress is very affordable and fashionable at the same time.
Kata Keterangan (Adverb) The tickets for the concert were sold out because they were affordable.

1. Kata Benda (Noun)

Kata affordable dapat digunakan sebagai kata benda (noun) dalam sebuah kalimat, yang artinya sesuatu bisa dibeli atau diperoleh dengan mudah karena harganya yang terjangkau. Contohnya:

“The apartment is affordable for college students.” (Apartemen ini terjangkau bagi mahasiswa)

Dari contoh kalimat di atas kita tahu bahwa affordable bisa digunakan untuk menjelaskan harga apartemen yang bisa dijangkau oleh mahasiswa.

2. Kata Kerja (Verb)

Kata affordable juga bisa digunakan sebagai kata kerja (verb) dalam sebuah kalimat sebagai bentuk komitmen dari seseorang atau perusahaan untuk menjadikan barang atau jasa yang ditawarkan lebih terjangkau. Contohnya:

“The company is committed to making their products more affordable.” (Perusahaan berkomitmen untuk menjadikan produk mereka lebih terjangkau)

Dalam kalimat tersebut, affordable berfungsi untuk menjelaskan bentuk komitmen dari perusahaan dalam menjadikan produk mereka lebih terjangkau.

3. Kata Sifat (Adjective)

Kata affordable juga bisa digunakan sebagai kata sifat (adjective) dalam sebuah kalimat untuk menjelaskan bahwa sesuatu bisa dibeli atau diperoleh dengan mudah karena harganya yang terjangkau. Contohnya:

“This dress is very affordable and fashionable at the same time.” (Dress ini sangat terjangkau dan fashionable pada saat yang sama)

Dalam kalimat tersebut, affordable berfungsi dan sifat dari dress yang terjangkau dan fashionable pada saat yang sama.

4. Kata Keterangan (Adverb)

Kata affordable juga bisa digunakan sebagai kata keterangan (adverb) dalam sebuah kalimat untuk menjelaskan mengapa suatu barang atau jasa laris terjual. Contohnya:

“The tickets for the concert were sold out because they were affordable.” (Tiket konser habis terjual karena harganya yang terjangkau)

Dalam kalimat tersebut, affordable berfungsi untuk menjelaskan mengapa tiket konser laris terjual yaitu karena harganya terjangkau.

5. Contoh Kalimat Lainnya

Beberapa contoh kalimat lain yang menggunakan kata affordable:

– “The new policy will make healthcare more affordable for low-income families.” (Kebijakan baru akan menjadikan layanan kesehatan lebih terjangkau bagi keluarga dengan pendapatan rendah)
– “We need to find an affordable solution to this problem.” (Kita perlu mencari solusi yang terjangkau untuk masalah ini)
– “The government has launched a program to provide affordable housing for the homeless.” (Pemerintah telah meluncurkan program untuk menyediakan hunian yang terjangkau bagi para tunawisma).

Demikianlah beberapa jenis kata affordable beserta contohnya. Dengan memahami jenis-jenis kata affordable, kita bisa memilih kata yang tepat sesuai dengan situasi dan kondisi yang sedang dibicarakan.

Anda bisa mempelajari lebih lanjut tentang makna dari kata “affordable” dan melihat beberapa contoh kalimatnya dengan mengklik link arti-affordable-dan-contoh-kalimatnya.

Makna Sederhana Kata Affordable Beserta Contohnya

Nah, itulah penjelasan tentang kata affordable beserta contohnya dalam kalimat. Dari penjelasan di atas, semoga kamu semakin paham dan bisa menggunakan kata affordable dengan baik dan benar. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan konteksnya, ya! Terima kasih sudah membaca dan jangan sungkan untuk berkunjung lagi ke website kami untuk memperkaya kosakata kamu. Sampai jumpa lagi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *