Mengatasi Arti Slow Respon di Chat WA, FB, Instagram, Jual Beli Online

Saat ini, penggunaan aplikasi chatting seperti WhatsApp, Facebook, dan Instagram semakin meluas di kalangan masyarakat. Terlebih lagi dengan maraknya bisnis jual beli online yang memanfaatkan platform tersebut sebagai media dalam bertransaksi. Namun, tidak jarang kita mendapati masalah dalam menggunakan aplikasi tersebut, salah satunya adalah arti slow respon di chat. Apa sih maksud dari slow respon di chat? Dan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? Artikel ini akan membahas secara lengkap tentang arti slow respon di chat dan cara mengatasinya.

Penyebab Respond Lambat di Chat WA, FB, Instagram, dan Jual Beli Online

Setiap orang pasti pernah mengalami kejadian di mana pesan yang dikirimkan tidak dibalas dalam waktu yang cukup lama. Hal ini tentu membuat kita merasa tidak nyaman dan tidak sabar menunggu balasan pesan yang kita kirimkan. Ada beberapa penyebab mengapa seseorang seringkali mampu merespon chat dengan lambat, berikut beberapa diantaranya:

Sibuk

Sibuk atau padatnya jadwal dapat menjadi penyebab bagi seseorang untuk merespon chat dengan lambat. Banyak orang yang memiliki kesibukan dari pekerjaan atau aktivitas lainnya sehingga tidak sempat memeriksa pesan yang masuk dan memiliki waktu yang cukup untuk membalas. Namun, ada juga orang yang sibuk tapi tetap repson dalam waktu yang cepat. Hal ini tergantung dari kepribadian dan prioritas dari masing-masing individu.

Lupa atau Tertidur

Terkadang, seseorang tidak sengaja melewatkan pesan yang harus dibalas karena melupakan pesan tersebut atau tertidur sebelum sempat merespon. Terlebih di malam hari, ketika banyak orang sudah mulai ngantuk, kemungkinan mereka tidak akan membuka smartphone mereka sehingga bisa saja melewatkan pesan penting yang masuk di waktu yang tidak tepat.

Tidak Suka Multi-Tasking

Banyak di antara kita yang merasa tidak nyaman ketika harus multi-tasking. Ada orang yang kehilangan konsentrasi saat melakukan banyak kegiatan sekaligus, termasuk membaca dan membalas pesan di WhatsApp, Facebook dan Instagram. Alhasil, ketika mereka menjawab pesan, mereka memerlukan waktu yang lebih lama untuk memahami pesan tersebut dan merespon dengan tepat.

Tidak Sering Online

Tidak sedikit juga orang yang tidak terlalu sering online. Sehingga mereka memerlukan waktu lebih lama untuk membaca dan membalas pesan. Terlebih lagi jika mereka sedang sibuk dengan aktifitasnya, kemungkinan besar mereka akan terlambat merespon pesan.

Kendala Teknis

Kendala teknis seperti koneksi internet yang buruk, kehabisan pulsa atau batere smartphone habis dapat menjadi salah satu alasan mengapa seseorang tidak mampu merespon chat dengan cepat. Terkadang memang kondisi tidak mendukung sehingga memerlukan waktu lebih lama untuk bisa merespon pesan.

Niat Tidak Baik

Meski terlihat sangat sulit dipercaya, tapi ada juga orang yang sengaja lambat merespon pesan untuk menghindari interaksi dengan orang yang menanyakan sesuatu yang tidak mereka sukai.

Tidak Ingin Memperlihatkan Tanda Baca atau Emoticon yang Salah

Beberapa orang memerlukan waktu yang cukup lama untuk merenungkan tanda baca dan emoticon yang digunakan ketika mereka mengetik pesan. Karena mereka ingin membaca setiap detail pesan seperti tanda baca dan emoticon dengan benar dan teliti, sehingga mereka bisa merespon pesan dengan tepat.

Tidak Nyaman dengan Pertanyaan yang Diajukan

Terkadang seseorang merespon chat dengan lambat karena mereka merasa tidak nyaman dengan pertanyaan yang diajukan. Mereka memerlukan waktu lebih lama untuk merenungkan jawaban yang akan mereka berikan.

Sedang Terjadi Masalah Pribadi

Masalah pribadi yang sedang dihadapi dapat membawa dampak pada kemampuan seseorang untuk merespon chat dengan cepat. Terkadang masalah pribadi seseorang membuat mereka sedikit lelah sehingga tidak mampu membalas pesan dengan cepat saat mereka harus memberikan cukup perhatian untuk masalah mereka dalam kehidupan pribadi mereka.

Pola Hidup yang Tidak Teratur

Pola hidup yang tidak teratur seperti tidak tidur dengan waktu yang cukup, terlalu banyak minum kafein, atau kelelahan, dapat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk merespon pesan dengan cepat. Karena kondisi yang buruk tersebut, maka kerja otak dan koordinasi tubuh menjadi terganggu.

10 Faktor Arti Slow Respon di Chat WA, FB, Instagram, Jual Beli Online Adalah

1. Keterbatasan Teknologi
Setiap platform chat memerlukan koneksi internet yang stabil dan cepat untuk mengirim pesan secara realtime. Namun, faktor seperti keterbatasan jaringan wifi atau provider seluler yang buruk bisa menjadi penyebab lambatnya respon chat.

2. Overload Pekerjaan
Banyak pengguna platform chat yang juga menggunakan aplikasi tersebut untuk keperluan bisnis. Dalam hal ini, mereka bisa mengalami overload pekerjaan sehingga tidak dapat merespon chat dengan cepat.

3. Kebutuhan Waktu Minimal
Mungkin bagi beberapa orang, cukup susah untuk membalas pesan chat dalam hitungan menit. Biasanya, orang-orang tersebut membutuhkan waktu minimal beberapa jam sampai hari untuk merespon pesan.

4. Prioritas Chat
Ketika terlalu banyak pesan chat yang masuk sekaligus, beberapa pengguna memilih untuk merespon chat yang dianggap lebih penting terlebih dahulu. Pesan chat yang kurang penting bisa terlewat tanpa disadari.

5. Kondisi Kesehatan
Kondisi kesehatan juga bisa menjadi faktor arti slow respon di chat. Ketika seseorang merasa sakit atau sedang menjalani perawatan medis, maka dia mungkin tidak dapat merespon pesan chat dengan cepat.

6. Tahap Proses Jual Beli
Dalam proses jual beli online, seringkali diperlukan verifikasi dan pembayaran. Tahap ini membutuhkan waktu sehingga pesan chat bisa terlambat dibalas.

7. Kesibukan Sehari-hari
Kesibukan sehari-hari seperti bekerja atau kuliah bisa menjadi penyebab arti slow respon di chat. Ketika sibuk, seseorang mungkin tidak dapat memantau pesan chat secara realtime.

8. Tidur
Saat tidur, seseorang tidak dapat memeriksa pesan chat yang masuk. Ini bisa menjadi penyebab lambatnya respon chat ketika bangun tidur.

9. Kecualian Jam Kerja
Pengguna platform chat seringkali mengatur jam kerja pada aplikasi mereka. Di luar jam kerja tersebut, pengguna biasanya tidak merespon pesan chat dengan cepat.

10. Keterbatasan Fisik
Keterbatasan fisik seperti ketidaktahuan, buta, atau tuli juga bisa menjadi penyebab arti slow respon di chat. Dalam hal ini, pengguna perlu waktu untuk memahami pesan dan meresponnya.

Takut Kehilangan Kesempatan Jualan

Banyak pelaku jual beli online yang khawatir akan kehilangan peluang penjualan. Mereka takut slow respon akan membuat konsumen beralih ke penjual lain yang lebih cepat merespon. Hal ini menjadi alasan utama kenapa banyak pelaku jual beli online membalas pesan dengan cepat dan tanpa filter.

Sayangnya, bila kamu terlalu sering membalas pesan dengan sangat cepat dan mengabaikan pesan lain yang masuk secara bersamaan, maka hal ini juga bisa membuat konsumen menjadi tidak nyaman dan bahkan meninggalkan komunikasi dengan mu. Sebagai gantinya, sebaiknya kamu tetap merespon pesan dengan cepat namun berikan waktu antar satu pesan dengan pesan yang lain.

Kegiatan Lain yang Mengganggu

Saat berjualan online, ada banyak kegiatan lain yang juga membutuhkan perhatian kamu seperti membalas email, mengurus pesanan, packing dan mengirim barang. Tidak jarang aktivitas-aktivitas tersebut membuat kamu tidak dapat membalas chat dengan cepat dan terkesan slow respon. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa membuat jadwal yang teratur untuk semua aktivitasmu. Sebaiknya kamu alokasikan waktu untuk membalas pesan dan jangan diganggu oleh aktivitas lain selama waktu tersebut.

Terlalu Banyak Pesan yang Masuk

Bila kamu memiliki produk yang sangat populer, maka bisa jadi chat WA, FB ataupun Instagram kamu akan ramai oleh pesan. Hal ini bisa membuatmu kesulitan membalas pesan dengan cepat dan membuat konsumen menunggu terlalu lama. Sebuah studi menunjukan bahwa 71 persen konsumen tidak akan menunggu lebih dari lima menit untuk mendapatkan balasan dari penjual.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa memanfaatkan fitur chatbot di platform jual beli online. Kamu bisa membuat pesan yang standar seperti “terima kasih telah menghubungi kami, kami akan segera merespon pesan kamu.” Dengan pesan standar ini, konsumen tahu bahwa pesan mereka telah terkirim walaupun belum mendapatkan balasan.

Pokoknya Sibuk

Mungkin ada saja hari dimana kamu benar-benar sangat sibuk dan menunda-nunda untuk membalas pesan yang masuk. Hal ini bisa sangat fatal dan memberikan persepsi slow respon di mata konsumen. Sebaiknya, tanpa terkecuali, kamu balas pesan yang masuk dengan memberikan estimasi waktu response, misalnya “maaf sekarang sedang sibuk, akan saya balas maksimal 2 jam lagi.”

Verifikasi Terlebih Dahulu

Sebagai penjual online, kamu harus lebih aware akan risiko penipuan dan pembeli fiktif. Oleh karena itu, ada baiknya kamu memverifikasi konsumen terlebih dahulu sebelum memberikan respon chat. Biasakan untuk selalu mengirim pesan berisi pertanyaan sederhana yang perlu dijawab oleh konsumen terlebih dahulu, misalnya “warna yang anda inginkan?” Setelah konsumen menjawab pertanyaan tersebut, maka kamu bisa membalas pesan dengan normal.

Masalah-Masalah Slow Respon di Chat Online Solusi
Takut kehilangan kesempatan jualan Respon dengan cepat namun berikan waktu antara satu pesan dengan pesan yang lain
Kegiatan lain yang mengganggu Buat jadwal yang teratur dan alokasikan waktu untuk membalas pesan
Terlalu banyak pesan yang masuk Manfaatkan fitur chatbot dan berikan pesan standar
Pokoknya sibuk Memberikan estimasi waktu response dan pastikan melakukan balasan per pesan masuk
Verifikasi terlebih dahulu Kirim pesan sederhana yang perlu dijawab oleh konsumen terlebih dahulu sebelum memberikan balasan yang normal

Sering kali mengalami slow respon di chat? Tenang saja, kamu bisa membaca artikel mengenai tips mengatasi chat lambat agar kamu tidak terganggu ketika berkomunikasi di WhatsApp, Facebook, Instagram, ataupun jaringan jual beli online.

Sampai Jumpa Kembali

Nah, itulah beberapa alasan mengapa chat di aplikasi WA, FB, dan Instagram terkadang cukup lambat dalam merespon. Semoga artikel ini dapat membantu kamu yang sering merasa kesal karena slow respon di chat tersebut. Terima kasih sudah membaca artikel ini, see you on the next one!

Leave a Comment