Pengertian dan Contoh Kalimat Pemberitahuan

Pengertian dan Contoh Kalimat Pemberitahuan: Menjelaskan Definisi serta Contohnya dalam Bahasa Indonesia

Pengertian Pemberitahuan

Pemberitahuan adalah suatu bentuk komunikasi yang digunakan untuk memberikan informasi atau pengumuman kepada orang lain. Informasi yang diberikan dalam pemberitahuan dapat berupa informasi penting seperti perubahan jadwal, pemberitahuan kegiatan, atau bahkan informasi yang berkaitan dengan kesehatan.

Pemberitahuan dapat disampaikan melalui berbagai media, seperti surat, email, pesan singkat, atau bahkan melalui laman website. Dalam sebuah lembaga atau instansi, pemberitahuan perlu dilakukan dengan strategi yang tepat agar pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik oleh penerima.

Ada beberapa prinsip yang perlu diperhatikan dalam penyusunan pemberitahuan. Pertama, pesan harus jelas dan dapat dipahami oleh penerima. Kedua, pesan harus disampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami dan tidak memberikan tafsiran ganda. Ketiga, pesan harus diberikan dengan cepat agar tidak terjadi keterlambatan dalam pengambilan keputusan.

Selain itu, tujuan dari pemberitahuan juga harus diperhatikan. Jangan sampai pemberitahuan yang disampaikan justru memicu konflik atau kebingungan diantara penerima. Oleh karena itu, penting bagi pengirim untuk memperhatikan tujuan dari pemberitahuan sebelum menyampaikannya kepada penerima.

Singkatnya, pemberitahuan adalah bentuk komunikasi yang penting untuk memberikan informasi penting dan pengumuman kepada orang lain. Dalam penyusunannya, penulis harus memperhatikan prinsip-prinsip dasar komunikasi dan memahami tujuan dari pemberitahuan yang disampaikan agar dapat diterima dengan baik oleh penerimanya.

Pemberitahuan

Jenis Pemberitahuan

Pemberitahuan adalah suatu tindakan untuk memberitahu atau mengabarkan suatu hal kepada seseorang atau kelompok tertentu. Ada dua jenis pemberitahuan yang umum dikenal, yaitu pemberitahuan tertulis dan lisan.

notification news

Pemberitahuan tertulis biasanya dilakukan melalui surat, email, atau media sosial. Surat biasanya digunakan untuk mengirimkan undangan, pemberitahuan resmi dari lembaga, ataupun informasi lainnya yang harus dipertanggungjawabkan. Email menjadi salah satu cara yang paling populer digunakan dalam menyampaikan pemberitahuan karena kemudahan dan efektivitasnya. Penggunaan media sosial juga semakin banyak dimanfaatkan oleh pengguna smartphone karena kepraktisannya, baik itu melalui postingan umum atau pesan pribadi.

Sementara itu, pemberitahuan lisan adalah pemberitahuan yang dilakukan secara langsung atau melalui telepon. Pemberitahuan langsung bisa dilakukan secara tatap muka langsung atau melalui video conference. Sedangkan pemberitahuan melalui telepon biasanya digunakan ketika kedua belah pihak tidak bisa bertemu secara langsung atau jika hal yang harus disampaikan bersifat mendesak.

Contoh dari pemberitahuan tertulis adalah seperti undangan resepsi pernikahan, surat pengumuman kebijakan perusahaan, atau email informasi tentang produk terbaru. Sedangkan contoh dari pemberitahuan lisan dapat berupa panggilan telepon untuk mengirimkan informasi penting atau pemberitahuan resmi dari pengadilan melalui sidang.

Keduanya mempunyai keunggulan dan kekurangannya masing-masing dan pemilihan jenis penerimaan pemberitahuan tergantung dari kebutuhan yang ingin disampaikan. Jika informasi tersebut bersifat sangat penting, sebaiknya menggunakan pemberitahuan tertulis. Sedangkan jika sifat informasinya tidak terlalu penting, pemberitahuan lisan dapat lebih efektif karena mampu memberikan penjelasan yang lebih jelas dan personal.

Pengertian Kalimat Pemberitahuan

Kalimat pemberitahuan adalah kalimat yang digunakan untuk memberikan informasi atau pengumuman kepada orang-orang yang terkait dalam suatu kegiatan. Kalimat pemberitahuan biasanya digunakan dalam konteks formal, seperti dalam surat, email atau pengumuman resmi. Tujuan dari kalimat pemberitahuan adalah untuk memberikan informasi secara jelas dan tepat kepada para penerima.

Contoh Kalimat Pemberitahuan di Lingkungan Kerja

Kalimat pemberitahuan sangat sering digunakan di lingkungan kerja, untuk memberikan pengumuman yang dibutuhkan oleh seluruh karyawan. Beberapa contoh kalimat pemberitahuan di lingkungan kerja antara lain:

Contoh Kalimat Pemberitahuan

  1. “Mohon perhatian seluruh karyawan, besok akan ada rapat penting di ruang konferensi pada jam 09.00 pagi. Mohon kehadiran seluruh karyawan yang terkait.”

  2. “Diberitahukan kepada seluruh karyawan, bahwa gaji karyawan untuk bulan ini telah dibayarkan. Mohon cek rekening masing-masing.”

  3. “Kami informasikan bahwa akan ada perubahan dalam jadwal kerja untuk minggu depan. Mohon untuk mengecek jadwal masing-masing.”

  4. “Diberitahukan kepada seluruh karyawan, bahwa akan ada pelatihan minggu depan. Mohon kehadiran seluruh karyawan yang terkait.”

Semua contoh kalimat pemberitahuan di atas disampaikan secara jelas dan singkat, serta memuat tujuan dan instruksi yang jelas. Hal ini bertujuan agar para karyawan dapat menerima informasi dengan mudah dan dapat melaksanakan tugas atau persiapan yang dibutuhkan.

Contoh Kalimat Pemberitahuan di Sekolah atau Kampus

Contoh kalimat pemberitahuan juga sangat berguna dalam lingkungan pendidikan. Beberapa contoh kalimat pemberitahuan di sekolah atau kampus, antara lain:

Contoh Kalimat Pemberitahuan

  1. “Diberitahukan kepada seluruh siswa kelas 12, bahwa besok akan ada simulasi Ujian Nasional. Mohon kehadiran dan kerjasama dari seluruh siswa.”

  2. “Kepada seluruh mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Industri Kreatif, kami informasikan bahwa mata kuliah akan diadakan di ruang G102 starting from next week.”

  3. “Siswa/i SMK Fajar Jaya yang terhormat, kami ingin memberitahukan bahwa akan ada kegiatan workshop fashion besok pukul 09.00 di ruangan komputer.”

Dalam konteks sekolah atau kampus, kalimat pemberitahuan juga biasanya digunakan untuk memberitahukan tentang kegiatan, acara atau informasi penting lainnya kepada para siswa atau mahasiswa. Hal ini bertujuan agar para siswa atau mahasiswa dapat mempersiapkan diri dan hadir tepat waktu dalam kegiatan yang diadakan.

Perbedaan Pemberitahuan dan Undangan

Meskipun sama-sama berfungsi untuk memberikan informasi, pemberitahuan dan undangan memiliki perbedaan yang sangat penting. Perbedaan tersebut terletak pada tujuan dari informasi yang disampaikan dan respon yang diharapkan dari penerima.

Pada dasarnya, pemberitahuan adalah informasi yang diberikan untuk memberitahu orang atau kelompok tertentu tentang suatu hal tanpa meminta mereka untuk memberikan respons atau tindakan apa pun. Dalam pemberitahuan, penerima hanya perlu membaca dan memahami informasi yang disampaikan tanpa harus melaksanakan tindakan apa pun sebagai respons dari informasi tersebut.

Contoh kalimat pemberitahuan:

  • Pemberitahuan: Penjualan barang diskon 50% akan berlangsung pada tanggal 2-5 September 2021. Tanpa respon yang diperlukan.
  • Pemberitahuan: Kegiatan donor darah akan dilaksanakan pada tanggal 15 Juni 2021 di pusat donor darah terdekat. Tanpa respon yang diperlukan.

Sementara itu, undangan adalah bentuk komunikasi yang diberikan untuk meminta seseorang hadir atau melakukan sesuatu. Respon atau tindakan dari penerima undangan sangat penting, karena itu merupakan bagian dari suatu rencana atau acara yang diadakan. Jika penerima undangan tidak memberikan respon atau hadir pada waktu yang telah ditentukan, maka akan ada konsekuensi atau dampak yang mungkin tidak diinginkan.

Contoh kalimat undangan:

  • Undangan: Anda diundang untuk hadir dalam acara pernikahan adik saya pada tanggal 20 Juli 2021 di Ballroom Hotel X. Respon diharapkan sebelum tanggal 1 Juli 2021.
  • Undangan: Anda diundang untuk mengikuti pelatihan manajemen keuangan pada tanggal 5-7 Agustus 2021 di ruang pelatihan gedung Y. Pastikan untuk mengonfirmasi kehadiran Anda dalam waktu 3 hari kerja.

Dari contoh di atas, dapat kita lihat bahwa yang membedakan antara pemberitahuan dan undangan adalah adanya respon atau tindakan yang diharapkan sebagai balasan dari informasi yang diberikan. Jika tidak ada respons atau tindakan dari penerima undangan, maka baik pihak yang mengundang maupun pihak yang diundang dapat merugi.

Ketika melakukan pemberitahuan atau undangan, pastikan untuk menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dimengerti oleh penerima. Cantumkan juga informasi lengkap dan rinci, seperti tempat, waktu, dan kontak yang dapat dihubungi apabila ada pertanyaan atau keperluan lain terkait dengan informasi yang diberikan. Dengan demikian, baik pemberitahuan maupun undangan dapat dipahami dengan mudah dan direspons dengan tepat oleh penerimanya.

Jadi, jangan sampai salah menyampaikan pemberitahuan atau undangan, karena salah dalam memberikan informasi dapat menyebabkan kebingungan dan kerugian bagi semua pihak yang terlibat.

Pemberitahuan dan Undangan

Sumber gambar: https://unsplash.com/photos/ZWUiLfwFx_U

Pengertian Pemberitahuan

Pemberitahuan adalah alat komunikasi yang digunakan untuk memberitahu seseorang atau kelompok tentang suatu informasi penting. Pemberitahuan dapat disampaikan secara lisan maupun tertulis.

Contoh Kalimat Pemberitahuan

Contoh Kalimat Pemberitahuan

Berikut adalah beberapa contoh kalimat pemberitahuan yang dapat digunakan dalam berbagai situasi:

  1. Dalam acara rapat besok, semua peserta diminta untuk hadir tepat waktu.
  2. Kepada seluruh mahasiswa, batas akhir pengumpulan tugas adalah tanggal 15 Agustus.
  3. Pelanggan yang terhormat, kami informasikan bahwa toko kami akan tutup sementara pada hari Minggu ini.
  4. Perhatian kepada pengguna jalan, jalan raya di depan gedung akan ditutup pada hari Minggu untuk kegiatan olahraga.
  5. Pemilik kendaraan yang parkir di area tidak diizinkan, mohon pindahkan kendaraan anda dalam waktu 10 menit.

Menulis Pemberitahuan yang Efektif

Menulis pemberitahuan yang efektif adalah kunci untuk memastikan pesan yang ingin disampaikan diterima dengan baik oleh penerimanya. Berikut adalah tips untuk menyusun pemberitahuan yang efektif:

  1. Gunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami. Usahakan untuk tidak menggunakan bahasa yang terlalu formal atau teknis.
  2. Jangan sampai informasi penting terlewatkan. Pastikan semua informasi penting disampaikan dengan jelas dan tegas.
  3. Singkat dan padat. Sampaikan informasi secara singkat dan padat agar mudah dicerna oleh penerimanya.
  4. Temukan cara yang tepat untuk menyampaikan informasi. Ada beberapa cara untuk menyampaikan informasi, seperti email, surat atau pengumuman di media sosial. Pilih cara yang tepat untuk target audiens yang dituju.
  5. Selalu sampaikan dengan ramah. Gunakan kata-kata yang sopan dan ramah dalam penyampaian informasi, sehingga pesan yang ingin disampaikan tidak menjadi salah paham.

Dengan mengikuti tips di atas, pemberitahuan yang disampaikan akan lebih efektif dan mampu diterima oleh penerimanya.

Leave a Comment