5 Cara Mengatasi Overthinking

5 Cara Mengatasi Overthinking.

5 Cara Mengatasi Overthinking



 Overthinking secara bahasa bisa diartikan sebagai “terlalu memikirkan”. Yang berarti Overthinking adalah terlalu memikirkan sesuatu dalam jangka waktu yang lama.

 Jika sering terjadi, Overthinking dapat menyebabkan gangguan tidur atau insomnia, rentan terkena depresi dan kecemasan, bahkan hingga menyerang kesehatan fisik seperti munculnya masalah pencernaan, merusak kesehatan kulit, dan berpotensi merusak organ jantung.

 Meskipun tidak mudah, kamu harus mulai mencari cara untuk mengurangi overthinking yang menyerangmu. Untuk kamu yang sedang overthinking, postingan ini cocok untuk membantumu. Simak hingga akhir yaa!

1. Cari penyebab dari overthinking yang kamu rasakan.

Sebelum kamu mencari solusi, tentu saja kamu harus tau penyebab dari overthinking yang kamu rasakan.

 Apakah kamu memikirkan kesalahanmu di masa lalu secara berlebihan? atau justru kamu terlalu mengkhawatirkan masa depan? Tidak masalah kok jika kamu memikirkan hal semacam ini. Tentu saja kita semua menginginkan yang terbaik untuk kehidupan kita.

 Namun, perlu diingat bahwa kamu telah bekerja dan berusaha dengan sangat baik. Jangan terlalu keras dengan dirimu sendiri ya.


2. Tuangkan isi kepalamu dengan membuat journaling.

 Yap! menuangkan sesuatu yang mengganggu isi kepalamu dalam bentuk tulisan ini mampu menjadi terapi overthinking.

 Setelah menuliskan semua hal yang mencemaskan pikiranmu, evaluasi kembali hal-hal yang membuat kamu overthinking. Pikirkan dengan tenang dan logis ya, tidak perlu terburu-buru.


3. Hadapi dan kendalikan pikiran negatifmu.

 Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk menenangkan overthinking-mu yakni dengan mengendalikannya.

 Overthinking biasanya mengarah ke pikiran negatif. Karenanya, penting untuk kamu belajar mengendalikan pikiran negatif yang berlebih sebelum berlarut-larut.

4. Luangkan waktu untuk beristirahat sejenak (Me Time).

 Kerja keras memanglah penting, namun memberi jeda kepada dirimu untuk rileks sejenak juga tidak kalah penting.

 Jangan terus-terusan memaksa otak kamu bekerja 24/7 ya!

 Ambilah waktu untuk me time dan jangan lupa untuk selalu mengapresiasi atas usahamu, sekecil apapun itu…

5. Berlatih mindfulness.

Secara singkat, mindfulness adalah upaya yang membuat kamu lebih fokus terhadap situasi saat ini dan menerimanya tanpa menghakimi.

Apabila dilatih, hal ini akan mampu membantu kamu menerima dan mengatasi pikiran dan perasaan yang menjadi penyebab overthinking-mu.

 Beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk melatih mindfulness, yakni:

– Istirahat sejenak dari aktivitas sosial media dan nikmatilah setiap momen dalam kehidupanmu.

– Nikmatilah makanan tanpa memikirkan hal lain seperti tugas atau pekerjaan. Cobalah mulai dengan mencicipinya perlahan, hingga dirimu benar-benar menikmatinya.

– Jalan-jalan sambil memperhatikan lingkungan sekitar. Bila perlu catatlah apa saja yang kamu temui di jalan, mulai dari apa yang kamu lihat, dengar, maupun hirup.

Leave a Comment